GRC MENARA MASJID

GRC MENARA MASJID

Sejarah Menara Masjid

Tujuan dari arsitektur menara masjid tradisional di Wilayah Timur adalah sebagai sistem ventilasi suatu bangunan pada iklim yang panas. Biasanya, bangunan ini terdiri dari sebuah menara besar dengan jendela membuka yang memungkinkan udara dingin masuk, dan sebuah kubah di tengah-tengah bangunan yang memiliki bukaan di langit-langit yang (secara hipotetis) berfungsi mengakumulasi dan mengalirkan udara hangat ke luar bangunan melalui sebuah cungkup.Asal-usul bangunan dari timur tengah dengan fitur arsitektur yang yang luar biasa adalah disengaja. Masjid-masjid biasanya memiliki pusat ruangan dengan langit-langit tinggi atau kubah sehingga memungkinkan panas terkumpul dan mengalir ke atas dan membiarkan udara dingin di lantai bawah memungkinkan untuk sistem penyejuk udara alami.

Namun, di zaman modern, dengan penemuan penyejuk udara modern, tujuan dari menara telah berubah menjadi simbol tradisional. Menara kini dilengkapi dengan pengeras suaraberfungsi untuk memanggil orang-orang untuk sholat di negara-negara Muslim. Selain itu untuk memberikan isyarat visual untuk komunitas Muslim, fungsi utama saat ini adalah untuk memberikan sudut pandang dari mana panggilan salat, atau azan, dilakukan. Adzan dikumandangkan lima kali setiap hari: fajar, tengah hari, sore hari, matahari terbenam, dan malam. Pada masjid-masjid paling modern, adzan dikumandangkan dari mushola (ruang doa) melalui mikrofon ke sistem pengeras suara pada menara.

 

GRC MENARA MASJID
MENARA MASJID GRC

 

Konstruksi Menara Masjid

Bentuk dasar dari menara masjid terdiri dari tiga bagian: dasar, poros, dan galeri. Untuk dasar, tanah digali sampai fondasi keras tercapai. Kerikil dan bahan pendukung lainnya digunakan sebagai dasar; hal ini tidak biasa untuk menara yang akan dibangun langsung di atas tanah. Menara mungkin berbentuk kerucut (tapering), persegi, silinder, atau poligonal. Tangga melingkari poros berlawanan arah jarum jam, memberikan dukungan struktural sepanjang poros. Galeri adalah sebuah balkon yang mengelilingi bagian atas yang dapat dipakai muazin yang melakukan panggilan salat. Tempat ini ditutupi oleh atap seperti kanopi dan dihiasi dengan ornamen, seperti batu bata dekoratif dan ubin, cornice, lengkungan dan prasasti, peralihan bagian dari poros ke galeri biasanya berbentuk muqarnas.

grc menara masjid
menara masjid ornamen grc

untuk info pembuatan dan pemasangan menara masjid hubungi nomor whatsapp ( 08179408325)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *